Sabtu, 20 Oktober 2012

Galeri Foto: 20 Tahun Memperingati Windows 3.1


Ilmu Komputer - Sistem Operasi Windows pertama kali diperkenalkan kepada publik pada tahun 1985 yang merupakan terobosan muktahir yang dilakukan oleh Bill Gates kala itu. Dua tahun berselang Microsoft mengeluarkan Windows 2 yang juga secara bersamaan dirilisnya aplikasi / software pertama dalam bentuk installer yaitu Microsoft Word 1.
Sedangkan Windows 3.0-3.1 adalah Windows yang pertama kali memulai terobosan baru dengan konsep visual yang merupakan cikal bakal Windows yang kita pakai hingga saat ini :-) Windows 3.1 yang dirilis pada Agustus 1992 itu sudah mendukung fitur koneksi antar komputer (My Network Place). Bagi yang sudah menggunakan komputer selama lebih dari 20 tahun tentunya akan merasa bernostalgia dengan masa-masa pertama menggunakan Windows versi visual.

Kumpulan screenshoot  tampilan Windows 3.1

Windows 3.1 – Screen shoot

20-Tahun-Memperingati-Windows-3.1
Anda mungkin melihat tampilan Windows yang pertama kali menggunakan konsep visual tersebut dengan penilaian yang biasa-biasa saja. Tidak ada Start Menu (baru dirilis pada Windows 4). Namun bagi maniak komputer saat itu, 20 tahun yang lalu tampilan Windows 3.1 adalah yang terbaik yang pernah ada. :-)

Windows 3.1 – Program Manager

20-Tahun-Memperingati-Windows-3.1 - program manager
Program Manager adalah fitur untuk mengelompokkan aplikasi-aplikasi yang terdapat pada Windows. Program Manager kurang lebih hampir sama dengan Program Files yang terdapat pada Windows saat ini.

Windows 3.1 – File Manager
20-Tahun-Memperingati-Windows-3.1 - File Manager

File Manager adalah bentuk primitif dari Windows Explorer pada Windows modern. Menampilkan hirarki folder dan file. Pada saat itu fitur copy-paste dan drag-drop file sudah tersedia. Pada Windows 95 fitur File Manager dan Program Manager kemudian digabungkan menjadi Windows Explorer yang kita kenal saat ini.

Windows 3.1 – Fonts (TTF)

20 Tahun Memperingati Windows 3.1 - Windows Font
Fitur Fonts adalah terobosan mutahir pada Windows yang memulai era sistem operasi visual saat ini. Saat itu sudah terdapat banyak koleksi Font standar, beberapa diantaranya sudah tidak ada secara default, ada pula yang sudah berganti nama. Ukuran font yang diketikkan dapat diperbesar dengan grafik yang sangat halus dengan koleksi font standar sebanyak 15 macam. Hingga saat ini tetap terdapat beberapa font standar yang masih melegenda hingga saat ini, seperti Arial, Times New Roman, System, Courier.

Windows 3.1 – Screen Saver

20-Tahun-Memperingati-Windows-3.1 - Screen saver
Tujuan utama diciptakan screen saver pertama kali adalah bermaksud untuk melindungi monitor anda darioverheating atau kepanasan. Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat semua monitor pada saat itu masih berbentuk CRT lmodel lama yang sangat rawan dan mudah panas. Tidak heran pada masa itu banyak pengguna komputer yang mematikan monitornya bila ingin meninggalkan komputernya dalam waktu yang lumayan lama. Hal tersebut mendorong Windows 3.1 menyediakan fitur screen saver pertama yang bernama: Blank Screen.

Windows 3.1 – Games

Game Minesweeper dan Solitaire adalah 2 judul game bahkan yang masih sering dimainkan oleh pengguna komputer saat ini untuk mengusir kebosanan. Solitaire sudah ada sejak Windows 3.0 sedangkan Minesweeper pertama kali diperkenalkan pada Windows 3.1 menggantikan game sebelumnya yaitu Reversi.

Windows 3.1 – Registry

20-Tahun-Memperingati-Windows-3.1 - registry
Sistem Registry pada Windows 3.1 jauh lebih sederhana dibandingkan model registry saat ini Dengan tampilan hirarki key yang masih polos.

Windows 3.1 – Control Panel

20-Tahun-Memperingati-Windows-3.1 - control panel
Gambar diatas adalah tampilan control panel pertama, pada Windows 3.1. Anda hanya membutuhkan 12 ikon untuk mengatur keseluruhan fitur dan akses pada Windows 3.1. Fitur Control panel kemudian mengalami perkembangan dari waktu ke waktu hingga pengembangan terakhir pada Windows 7 yang memiliki 52 Ikon didalam Control Panelnya.

Windows 3.1 – Embedded Image

20-Tahun-Memperingati-Windows-3.1 - Embeded Image
Windows 3.1 memperkenalkan sistem embedding file atau file linking. Pada software masa itu masih belum terdapat fasilitas import file, apabila anda menggunakan Microsoft Word misalnya, ada kalanya mungkin anda memasukkan gambar image kedalam dokumen kerja anda dimana selanjutnya anda mungkin dapat menghapus file image tersebut bila anda memang tidak ingin menyimpannya. Namun tidak demikian hal nya dengan Windows 3.1 yang masih menggunakan sistem embedding atau file linking. Bila anda menghapus file yang bersangkutan maka secara otomatis akan ikut menghapus file yang sudah anda masukkan kedalam dokumen kerja di Microsoft Word anda tadi.

Windows 3.1 – Open/Save Windows

20-Tahun-Memperingati-Windows-3.1 - open-save program
Gambar diatas menunjukkan tampilan open / save as file seperti yang biasa anda lihat pada sistem operasi windows.

Windows 3.1 – Fitur Multimedia

20-Tahun-Memperingati-Windows-3.1 - multimedia
Microsoft pertama kali menciptakan fitur multimedia untuk pemutar musik dan video pada tahun 1991. Gambar diatas adalah ‘nenek moyang’ dari Windows Media Player pada Windows saat ini.

Windows 3.1 – Notepad dan Kalkulator

20-Tahun-Memperingati-Windows-3.1 - notepad dan kalkulator
Tampilan diatas adalah 2 fitur yang sudah ada pada Windows 3.1, yaitu notepad dan calculator.

Windows 3.1 – Task List

20-Tahun-Memperingati-Windows-3.1 - Task List
Task List adalah fitur untuk melihat software/aplikasi yang sedang dijalankan dengan menekan CTRL + ESC atau klik 2x pada desktop. Fitur ini kemudian dikembangkan hingga menjadi Task Manager yang kita kenal saat ini.
Anda mungkin berfikir betapa sederhananya sistem operasi yang digunakan oleh pengguna komputer 20 tahun yang lalu. Hal tersebut dapat dimaklumi dengan segala fitur yang ada, Windows 3.1 hanya berkapasitas 11MB pada harddisk setelah pengistallan berbanding dengan Windows 7 saat ini yang mencapai diatas 20GB. Jangan kaget bila versi windows 20 tahun mendatang akan mencapai 100GB pada kapasitas harddisk. Demikianlah Galeri Foto: 20 Tahun Memperingati Windows 3.1 . Semoga bermanfaat :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar