Kamis, 08 November 2012

CARA MENGETAHUI KERUSAKAN PADA KOMPUTER

* Cara mengetahui kerusakan pada komputer

* saat kita menghadapi masalah komputer yang tidak jelas (monitor tidak menyala, tidak ada indikator apapun, atau bahkan kosong tidak ada tanda-tanda kehidupan) maka kita harus mencari penyebab masalah, PC umumnya memiliki internal yang speeker yang dapat memberikan informasi mengenai titik rusak / titik di mana kita menghentikan komputer / stack pada saat boot, baik dalam tulisan ini saya akan memberikan informasi menganai suara sedikit Bunyi tanda dan kerusakan pada indikator right.Voice dan deskripsi dari stack

** 1 x -> Kegagalan refresh DRAM (masalah Systemhave mengakses memori untuk merefreshnya).

* 2 x -..> Kegagalan rangkaian parity (data ditransmisikan dalam komputer, biasanya ditambahkan parity bit yang digunakan untuk deteksi dan koreksi kesalahan Pekerjaan ini dilakukan oleh serangkaian paritas pada komputer Hal ini mungkin disebabkan oleh masalah dengan memori atau motherboard).

 * 3 x -..> Kegagalan rangkaian parity (data ditransmisikan dalam komputer, biasanya ditambahkan parity bit yang digunakan untuk deteksi dan koreksi kesalahan Pekerjaan ini dilakukan oleh serangkaian paritas pada komputer Hal ini mungkin disebabkan oleh masalah dengan memori atau motherboard. Base 64K kegagalan memori. Basis memori 64 K adalah 64 KB memori yang pertama pada RAM Kegagalan ini bisa disebabkan oleh slot memori yang dikelompokkan dalam modul. memiliki chip rusak. Hal ini terkait dengan kerusakan motherboard).

* 4 x -> Kegagalan sistem timer (Kemungkinan ada kesalahan pada satu atau lebih timer yang digunakan untuk mengontrol fungsi pada motherboard).

* 5 x -> Kegagalan prosesor (Dapat disebabkan oleh panas yang berlebihan, atau karena prosesor tidak terpasang benar ke soket).

* 6 x -> Kegagalan keyboard controller / gate A20 (Keyboard controller adalah chip pada motherboard yang mengendalikan keyboard Anda).

 * 7 x -> Kesalahan pada prosesor.

* 8 x -> Kegagalan untuk membaca / menulis tampilan memori.

* 9 x -> Kerusakan pada BIOS.

* 10x -> Kesalahan pada CMOS.

 * 11x -> Kerusakan pada memory.Damage cache / trobleshoot pada Hardware biasanya dapat menangani pembersihan komponen yang rusak, seperti membersihkan RAM, Processor dll, tapi jika karena listrik / petir sudah exhausted.Indeed, ada sedikit perbedaan dalam masalah suara adalah karena jenis model BIOS, adapun sebagai berikut:

 Pada Ami BIOS ::

============

A. BIP satunya suara kemungkinan once.The RAM (random access memory) memiliki masalah atau tidak terpasang dengan benar.

2. BEEP enam timesPossible keyboard / papan kekunci rosak atau tidak Anda telah dipasangkan dengan port yang benar atau USB port p/s2.

3. BEEP sebanyak delapan timesPossible VGA (Video Graphics Array) KAD atau kartu grafis Anda memiliki masalah atau tidak terpasang dengan benar.

4. BIP 11 timesChecksum Kesalahan yaitu melibatkan baterai CMOS pada motherboard. Anda dapat menukar baterai CMOS baru jika Anda memiliki masalah ini.

 Award BIOS ::

==========

A. Panjang BIP soundYou memiliki masalah memori atau tidak terpasang dengan benar.

2. 1 BEEP BEEP panjang dan

    2 shortVGA grafis KAD KAD atau memiliki masalah atau tidak terpasang correctly.3. Satu panjang BIP, BIP

    3 Keyboard shortThe dalam kesulitan atau tidak terpasang dengan benar pada p/s2 port atau USB port.

   4. BIP suara yang dalam jangka panjang (contiuouns BIP) KAD VGA RAM atau Anda tidak diinstal dengan benar.

Pheonix BIOS ::

=============

A. 1 BEEP, BEEP BEEP dan sebuah 4Due untuk BIOS anda tidak bekerja.Dapat memperbarui atau flash BIOS.

2. 1 BEEP, 2 dan 1 BEEP BEEPDue ke motherboard Anda sudah rosak.

3. 1 BEEP, 3 dan 1 BEEP BEEPYour RAM mungkin bermasalah atau tidak terpasang dengan benar.

4. 3 BEEP, BEEP BEEP dan AIS yang disebabkan masalah motherboard komputer.

5. 3 BEEP, 3 dan 4 BEEP VGA atau BEEPKAD grafis Anda memiliki masalah atau tidak correctly.As diinstal kata pepatah .... Tidak ada gading yang tak patah .... itu bisa saja apa yang saya nyatakan di sini tidak cocok dengan kenyataan di lapangan .... Cara terbaik untuk mengetahui masalah-masalah tertentu yang terjadi karena tes bip adalah untuk mencoba pada PC tersebut bekerja dengan benar. Cobalah untuk mengganti satu per satu komponen dari masalah dicurigai.Hal ini juga sering saya bahkan jika saya telah memiliki panduan mereka akan berbunyi.










Kerusakan yang sering terjadi pada komputer

1. yang pertama karena serangan hama virus. ini adalah kerusakan yang paling banyak ana dapatkan dari pelanggan yang servis ketempat ana. virus dikomputer berbeda dengan virus yang menyerang manusia perbedaannya adalah kalo dimanusia disebabkan karena bakteri/kuman yang bisa menyebabkan sakit pada manusia. sedangankan dikomputer disebabkan karena suatu program / software yang merusak ataupun yang bersifat menggangu dan tidak merusak.

2. Karena sistem yang eror disebabkan karena ada data sistem yang terhapus sehingga terjadi eror

3. Kerusakan pada RAM adalah suatu komponen yg ada dicomputer yang apa bila terjadi kerusakan maka akan menyebabkan komputer tidak bisa berjalan atau hidup komputer tidak bisa booting dan berbunyi tit2 berulang ulang.

4. disebabkan karema kerusakan pada mainboad ini adalah komponen yang sangat penting karena ini adalah inti dari komputer itu sendiri kalo ini rusak maka sama aja kita beli komputer yg baru.

5. kerusakan pada hardisk adalah media tempat penyimpanan data ini jg sangat penting.

6. kerusakan pada power supply ini adalah komponen yang ada dikomputer yang berfungsi sebagai sumber media listrik

7. kerusakan pada sound ini adalah komponen yang sengat penting karena ini untuk media suara yang sangat kita butuhkan didalam komputer bila ini tidak berfungsi maka kita tidak bisa mendengarkan musik / untuk media komunikasi buat telpon atau yang lain.

8. kerusakan pada VGA ini adalah komponen yang sangat penting apabila komponen ini rusak maka komputer tidak bisa jalan / hidup.

9. kerusakan pada monitor.

10. kerusakan pada LAN cart adalah media yang berfungsi untuk media jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan antara komputer satu dengan yg lain atau jaringan antara komputer.

11. CD Rom ini adalah komponen yang ada dikomputer yang berfungsi untuk mememutar CD / DVD.

12. Kerusakan pada Bios. ini adalah software yang ada disetiap komputer/mainboad yang berfungsi untuk pengaturan pada hardware.

13. Kerusakan pada Processor ini adalah komponen yang sangat penting ini adalah otak dari komputer itu sendiri.

14. Registry ini adalah kerusakan pada sofware yaitu pada sistem windows.

15. kerusakan karena terbakar ataupun konslet bisa disebabkan karena tegangan listrik yang berlebihan, kena air, kena petir, atau salah masang komponen yang ada dikomputer.

16. komputer jd lambat bisa disebebkan karena kelebihan beban pada komputer karena terlalu banyak sofware yang di install, data dan juga bisa kerena hardisk, RAM dll.

17. kerusakan pada kabel baik kabel data ataupun kebel power cirinya kalau kerusakan pada kebel data yaitu tidak mendeteksi hardware yang ada didalam komputer baik hardisk, CD ROM/DVD, USB, Kipas. kalau kabel power cirinya komputer tidak bisa hidup sama sekali. baik untuk monitor / cpunya.

18. Kerusakan karena Cmos / atau batrai pada komputer.

19. kerususakan pada pendingin Komputer yang ada dimainboadnya bila komponen ini rusak biasanya komputer akan menjadi lambat bila dipakai beberapa menit dan kemudian komputer akan heng atau langsung mati mendadak dikarenakan panas yang berlebihan pada komputer.

20. kerusakan tidak bisa connec internet ini bisa disebabkan karena pada kebel jaringan bila menggunakan kabel jaringan untuk koneksinya. bisa jg disebabkan karena windowsnya bisa disebabkan karena virus.

21. Layar monitor Blank tidak ada gambar pada monitor itu bisa disebabkan karena monitor, RAM, Hardisk, Processor, kabel.

22. Blur screen / layar biru itu bisa disebabkan karena windownnya, atau pun Ram.

23. Dan masih banyak lagi yang belum bisa sebutkan, tapi ini adalah yang sering kerusakan terjadi pada komputer.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membacanya.





Macam Kerusakan Komputer dan Cara Memperbaikinya adalah rangkuman tentang kerusakan umum yang terjadi ada komputer kemudian bagaiman cara mengatas atau memperbaikinya. Dengan rangkuman ini semoga anda yang memiliki komputer mau untuk menjadi teknisi komputer untuk diri sendiri. Setidaknya kalau terjadi kerusakan komputer seperti tercantum di bawah ini anda bisa mengatasinya sendiri.

1. Komputer Tidak Mau Hidup Cara Mengatasinya :

   - Cek koneksi kabel (dari power outletnya ke tombol power pada PC)

   - Cek apakah stabilizer berfungsi atau tdak (jika memakai stabilizer)

   - Cek kabel power pada CPU

   - Jika masih juga tidak mau hidup permasalahanya mungkin terletak pada power supply atau MB

2. Komputer Mau Hidup Tetapi Tidak Mau Booting Cara Mengatasinya : Kenali Terlebih dahulu Bunyi Beep : Beep 1 kali saja Tanda bahwa kondisi komputer baik Beep 1 kali, panjang Terdapat problem di memory Beep 1 kali panjang dan 3 kali pendek Kerusakan di VGA card Beep 1 kali panjang dan 2 kali pendek Kerusakan di DRAM parity Beep terus menerus Kerusakan dimodul memory atau memory video - Cek dengan menggunakan software dianosa seperti sisoft sandra, PC mark04, PC mark05 dll

3. Komputer Mau Booting Tetapi Selalu “Safe Mode “ (untuk masuk ke safe mode tekan F8) Cara Mengatasinya :

   - restart kembali komputer anda

   - jika masih trouble intall ulang windows anda - jika masih safe mode juga, berarti HD anda bermasalah cek dengan : scan disk

4. Komputer Sering Hang Cara Mengatasinya

   - Disebabkan software mengalami crash

   - tekan ctrl + alt + del >> klik End task pada program yang “Not Responding” - tekan tombol restart pada CPU

   - Disebabkan hardware mengalami konflik (adanya penambahan hardware baru)

   - konflik antar hardware sering terjadi pada sistem operasi windows

   - install ulang windows anda, tetapi yang perlu diingat sebelum reinstall windows anda, lepaskan dulu hardware baru anda

   - alankan fasilitas “add new“ hardware yang terdapat pada control panel.

5. Keyboard Tidak Dikenali Oleh Komputer Cara Mengatasinya

   - cek apakah keyboard anda sudah terpasang dengan benar

   - jika sudah tapi masih juga keyboard tidak terdeteksi maka kemungkinan keyboard anda bermasalah.

   - coba ganti keyboard anda, jika sudah diganti tapi juga masih bermasalah maka kemungkinan besar yang rusak adalah di bagian port keyboard di MB anda.

   - Jika memang Sudah di Ganti Keyboard Baru tapi tetap tidak terdeteksi Juga Coba Ganti dengan Keyboard USB dan apabila tidak terdeteksi Juga berarti ada yang salah Pada sitem Windows Sobat 6 Mouse Tidak Dikenali Oleh Komputer (sama denagn kasus keyboard)

7. Pointer Mouse Selalu Meloncat-Loncat Cara Mengatasinya

  - mouse kotor segera di Bersihkan (khususnya pada bola mouse)

8. Komputer Sering Crash Cara Mengatasinya :

   - cek semua posisi kabel, hardware, dan juga tegangan pada casing, cek suhu pada CPU dan jua cek ram, processor dan juga vga.

9. Bila Produsen MetherBoard(MB) Tidak Diketahui

   Cara Mengatasinya :

      - buka casing, dan cek CPU anda biasanya sebuah MB memiliki label produsen yang sekaligus berisi spesifikasi tipe Mbnya.

      - Lihat pada manual book

      - Cari data Mb lewat internet, cocokan ID yang tercetak pada sticker board denan daftar yang terdapat pada situs www.fcc.gov/oet/fccid, dan cari daftar nomor ID yang dikeluarkan oleh lembaga perijinan untuk perangkat elektonik di Amerika

      - Gunakan software analisa, seperti sandra99 dll.

10. Lupa Password BIOS Cara Mengatasinya :

   - Cabut batterey cmos pada cpu - Atau dengan cara emncoba menebak bberapa password default untuk beberapa produsen bios misalkan AMI dan AWARD (contoh : A.M.I, AMI, AMI_SW, ALLY, 589589 dll)

11. Jam dan setting tanggal BIOS Selalu Berubah-Rubah

   Cara Mengatasinya :

      - batteray cmos sudah tidak berfungsi (mati), ganti dengan batteray yang baru

12. Menambah Perangkat Hardware Baru, Tp Tidak Terdeteksi Oleh BIOS

   Cara Mengatasinya :

      - Kemungkinan besar bios anda sudah kuno sehingga tidak dapat mendeteksi hardware yang baru, maka segera update bios anda (bisa download melalui internet, mis : www.windrivers.com)

13. Melacak Kerusakan Card Pada MB

   Cara Mengatasinya :

      - cobalah denganmencabut dan menancapkan beberapa card pada MB anda - jika booting berhasil maka card anda tidak bermasalah begitu jua sebaliknya

14. Pasang Processor Baru Tp Tidak Terdeteksi Cara Mengatasinya :

   - cek apakah anda sudah memasang processor denan benar

   - cek apakah posisi jumper pada processor sudah benar (tentang jumper pada processor bisa anda priksa pada manual booknya)

15. Crash Setelah Memasang RAM Baru

   Cara Mengatasinya :

      - kemungkinan ram yang anda pasang tidak kompatibel dengan komputer anda (cabut ram tersebut)

16. Menambah RAM Tapi Tidak Terdeteksi

   Cara Mengatasinya :

      - Lakukan pengecekan seperti ketika kasus sebelumnya - Pastikan slot yan dipakai sesuai, misalnya : SD RAM memiliki slot yang hampir sama dengan RD RAM tetapi RD RAM, tidak bisa terdeteksi meskipun bisa dipasang pada slot jenis SD RAM.

17. Setelah Menambah RAM Proses Komputer Manjadi Semakin Lambat

   Cara Mengatasinya :

      - perhatikan batas kapasitas ram anda, misalnya ram jenis EDO batas maksimalnya adalah 64 MB, maka ketika dipaksakan untuk ditambah maka komputer anda menjadi semakin lambat

18. Virtual Ram

   Cara Mengatasinya :

      - klik kanan icon My computer, pilih propertis, kemudian pilih tab performance dan klik VIRTUAL MEMORY

      - pilih item let me specify my own virtual memory setting (pilih HD yang akan digunakan sebagai virtual memory)

      - klok OK

19. Monitor Tidak Mau Nyala

   Cara Mengatasinya :

      - pastikan semua kabel power maupun konektor yang berhubungan dengan monitor ok

      - pastikan juga pin yang ada pada port VGA masuk dengan sempuran tidak ada yang bengkok apalagi tidak masuk semua/salah satu pin ke port VGA

      - pastikan juga VGA card anda ok

20. Monitor Menjadi Gelap Saat Loading Windows

   Cara Mengatasinya :

      - kemungkinan disebabkan karena setup driver untuk monitor tidak tepat(setting frekuensinya terlalu tinggi)

      - masuk dulu ke dalam kondisi safe mode (tekan F8)

      - install ulang driver VGAnya

21. Tampilan Tiba-Tiba Rusak Dan Komputer Manjadi Hang

   Cara Mengatasinya :

      - dikarenakan suhu (pada VA card) sangat panas

22. Ukuran Tampilan monitor Tidak Sesuai Keinginan

   Cara Mengatasinya :

      - masuk ke display propertis (klik kana semabrang tempat pilih propertis) - Tekan tab setting dan dan atur ukuran tampilan sesuai dengan keinginan (pada screean area)

23. Monitor Seperti Berkedip Saat Digunakan

   Cara Mengatasinya :

      - masuk ke display propertis (klik kana semabrang tempat pilih propertis)

      - Tekan tab setting dan klik advance, kemudian klik adapter, pada bagian ini ditampilkan refresh raet yang dininkan

24. Sound Card Baru Tidak Terdeteksi

   Cara Mengatasinya :

      - Crash dengan saounda card yang lama

      - cek pada manual booknya, apakah soundcard on boardnya perlu dimatikan atau tidak jika hendak menginstall ulang soundcard yan baru (biasanya bisa dimatikan lewat jumper atau bios)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar