Sabtu, 03 November 2012

Chrome browser yang paling banyak digunakan secara global

Akhirnya Chrome untuk pertama kalinya menggeser posisi Firefox di urutan browser di komputer yang paling banyak digunakan secara global.
Dilaporkan situs Digital Trends, Chrome duduk di posisi kedua dan memperoleh 25,7 persen pangsa pasar browser global di bulan November 2011. Padahal dua tahun lalu, browser besutan Google ini hanya mendapat jatah 4,5 persen. Saat itu Chrome menghadapi persaingan ketat dari berbagai browser ‘lama’, yaitu Opera dan browser milik Apple, Safari.
Di posisi puncak, Internet Explorer masih berjaya. Browser milik Microsoft ini tercatat menguasai 40 persen pasar browser di dunia. Sementara itu, Firefox terjungkal ke posisi ketiga dan diperkirakan akan terus mengalami penurunan. Per November 2011, browser andalan Mozilla ini hanya mendapat pangsa pasar sebesar 25,23 persen.
Untuk mobile browser smartphone dan tablet, browser Android, Opera Mini, BlackBerry, dan Symbian berbagi porsi sebanyak tiga persen di pangsa pasar ini. Pemuncaknya adalah Safari yang mendapatkan pangsa pasar sebesar 55 persen. Dominasi ini didukung penggunaan Safari di perangkat iPhone dan iPad.
Sementara itu, penggunaan browser untuk perangkat konsol masih dikuasai PlayStation 3. Diikuti Opera, WebTV, dan Internet Explorer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar