Kamis, 08 November 2012

Cara Mengatasi Komputer Yang Sedang Hang

Cara Mengatasi Komputer Yang Sedang Hang
Cara-Mengatasi-Komputer-Hang

Mengatasi Komputer Hang | komputer hang disebabkan dari beberapa hal, di antaranya karna kotoran(debu), bis karna PU yang terlalu kepanasan, atau bisa saja RAM nya bermasalah, berikut saya uraikan cara mengatasi komputer Hang :

1. Di Sebabkan OS Rusak
OS (Operation System) yang Rusak bisa mengakibatkan komputer hang, Langkah yang efektif untuk OS rusak atau bermasalah adalah reinstall OS (Insatal Ulang), Sebelum Instal Ulang coba bersihkan dulu CPU komputer anda karna bisa saja kotor dari debu, tapi kalau sudah dibersihkan masih hang baru anda instal ulang, setalah instal ulang jangan lupa instalkan juga anti virus. 

2. Komputer hang karena CPU kepanasan
Sebagian komputer menjadi hang, karena sistem pendingin pada CPU tidak berjalan dengan baik. Untuk menanggulangi hal ini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan :
  1. Buka heatsing dan kipas processor secara hati - hati.
  2. Bersihkan sirip-sirip pendingin dan fan processor dari debu, kalau fan macet beri minyak pelumas sedikit pada bagian poros kalau perlu ganti fan dengan yang baru.
  3. Bersihkan thermal paste yang sudah kering yang menempel pada processor dan heatsink, ganti dan oleskan thermal paste yang baru.(jika tidak punya paste, gunakan ODOL/pasta gigi)
  4. Masukan lagi processor, heatsink serta fan kedalam dudukannya secara hati-hati dan tepat.
  5. Pastikan kondisi Heatsing sudah terpasang secara benar terutama untuk tipe Heatsing untuk Processor socket LGA, perhatikan kondisi tiap-tiap sekrup yang terpasang.

3. Debu dan kotoran
Seperti yang dibahas pada nomor 1 tadi, debu dan kotoran bisa mengakibatkan komputer hang, saya sudah mengalaminya, silahkan anda jadwal seara rutin untuk membersihkan anda. agar performa komputer tetap baik.

4. RAM yang bermasalah
permaslaahan ram sering kali ada pada kaki / soket tembaga yang kotor, bersihkan kaki tembaga dengan cara di gosok menggunakan penghapus pensil supaya kotoran yang menempel bisa hilang.

5. Power Supply Drop
Kerusakan pada power supply banyak diakibatkan pada panasnya suhu pada power supply, untuk, untuk pencegahannya pada posisi penempatan PC yang mempengaruhi sirkulasi udara power supply dan juga debu yang menempel hendaknya kita bersihkan maksimal 2 bulan sekali

6. Motherboard Rusak
Untuk motherboard jika sudah banyak komponen yang terbakar lebih baiknya kita ganti motherboard tersebut karena bila kita ganti dengan part yang di jual di pasaran tidak akan bertahan lama dan juga berdampak buruk pada processor

7. Komputer hang karena koneksi LAN
Untuk komputer yang terhubung ke jaringan, kadang kala terasa berat ketika mengakses data dari komputer lain, program berjalan lambat dan akhirnya komputer seakan-akan menjadi hang. Untuk memastikan komputer hang karena koneksi jaringan (LAN), lepaskan dulu kabel jaringan pada komputer kemudian jalankan komputer seperti biasa. Apabila semua berjalan secara normal dapat dipastikan komputer hang karena koneksi jaringan.
Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah:
  • pastikan konektor RJ45 terpasang dengan benar, bila perlu lakukan crimping ulang.
  • gunakan perintah ping untuk memeriksa koneksi jaringan
    contoh perintah: ping -l 200 192.168.0.1
  • lakukan reset pada hub (switch) LAN, caranya bisa dengan mencabut kabel power Hub/Switch tersebut, tunggu beberapa saat kemudian masukan kembali.
  • cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memindahkan kabel jaringan dari port yang satu ke port yang lain (biasanya ada beberapa port dalam hub yang menjadi rusak karena masalah-masalah tertentu).
  • troubleshooting yang juga bisa kita lakukan adalah dengan mengganti kartu jaringan (LAN Card) dengan yang baru.

8. Kerusakan Pada Hardisk (Baik Ekternal maupun Internal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar